Top Menu

Puisi Dante Alighieri (1265-1321)



Lahir di Florence dan meninggal di Ravenna. Dante adalah salah seorang penyair besar Italia yang hidupnya penuh pergumulan peperangan. Pernah masuk militer sebagai pemimpin pasukan pada tahun 1289. Ikut pergerakan politik yang membuatnya dibuang dari kota kelahirannya oleh lawan politiknya yang kemudian memegang kekuasaan.
Perkenalan Dante dengan Beatrice di usia 9 tahun, yang menginspirasikannya untuk menggubah 'Divina Comedia' yang terkenal itu di tahun 1307, yang mungkin ditulisnya pada masa pengelanaannya, walau kemudian kawin dengan seorang bankir Portinari.
Dalam 'Divina Comedia' sajak besar yang memiliki tiga bagian: Inferno (Neraka), Purgatorio (Antara Neraka dan Surga), dan Paradiso (Surga). Berikut adalah bagian dari itu,



Dari: Neraka III, 1-9

Kerna aku kaupun masuk kota sengsara
Kerna aku kauderita sangsai tak terhingga
Kerna aku kaulihat bangsa dilaknat siksa

Lantaran adilNya akupun diciptaNya
Kasih pertama bekerja membangun aku
Dididik maha bijaksana dan iradatNya

Selain yang abadi, tiada ciptaan ketemu
Sebelum aku, pula abadi perlanjutan aku;
Lepaslah, siapa masuk, segala harapanmu!

Lalu kutatap kata-kata yang suram itu,
Tertulis di papan pada rangka gerbang.
Kataku : Sungguh kejam tulisan dinding itu.

Tapi aku disyaratinya lembut dan terang :
Di sini pantang memutar pikir ke belakang,
Membiar ketakutan dicermin hati membayang. 

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates